Sabtu, 17 April 2010

SEMUA ADA DI BELANDA


Semua orang tentu mengenal tentang Belanda. Negara yang terkenal dengan julukan “Negeri Kincir Angin” ini memiliki luas wilayah 41,526 km2 dengan 18,41 persennya adalah air.  Belanda adalah sebuah negara di Eropa bagian barat laut. Di sebelah timur negara ini berbatasan dengan Jerman, di sebelah selatan dengan Belgia dan di sebelah barat dengan Laut Utara. Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul), terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Sifat liberalnya menjadi sebutan masyarakat internasional. Belanda juga menjadi tempat kedudukan Mahkamah Internasional. Amsterdam merupakan ibu kota Belanda dan Den Haag pusat administrasi dan kediaman Ratu Belanda.

 Peta Belanda (Sumber: http://miezchan.blogspot.com/2009/03/belanda-kota-yang-indah-dan-menarik.html)

Sejak memperoleh kemerdekaan dari Spanyol pada 26 Juli 1581, dan diakui pada 30 Januari 1648, Belanda berkembang dengan sangat pesat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Pada tahun 1677 Antony van Leeuwenhoek menemukan benda mikroskopis. Antony van Leeuwenhoek lahir di Delft, Negeri Belanda. Leeuwenhoek melakukan banyak penemuan penting. Dialah orang pertama yang menjabarkan spermatozoa, dan merupakan salah seorang yang mula-mula menjabarkan darah merah dan darah putih. Dia menentang teori tentang generasi spontan bentuk sederhana dari kehidupan dan memaparkan banyak bukti-bukti yang berlawanan dengan itu. Dia mampu menunjukkan, misalnya, bahwa hewan kecil pemakan darah tak bersayap berkembang biak dalam cara serupa dengan insekta bersayap.
Penemuan terbesarnya muncul tahun 1674 tatkala ia membuat penelitian pertama kali terhadap kuman. Ini merupakan salah satu penemuan besar tentang cairan sperma yang mengakibatkan penyuburan dalam sejarah manusia. Di dalam titik air kecil itu Leeuwenhock menemukan suatu dunia yang sama sekali baru, sepenuhnya dunia tak terduga, penuh dengan kehidupan. Meski belum disadarinya, dunia baru ini punya arti amat penting kepada umat manusia. Sesungguhnya, “benda amat kecil mikroskopis” itu yang diamatinya sering merupakan faktor kekuatan penting baik untuk kehidupan maupun kematian manusia. Sekali sudah ditelitinya, Leeuwenhoek sanggup menemukan kuman di pelbagai tempat yang berbeda-beda: di sumur dan di kubangan, di titik air hujan, di mulut dan usus menuju anus manusia. Dia melukiskan pelbagai bentuk bakteri, juga protozoa dan menghitung ukurannya.
Jan Verkolje - Antonie van Leeuwenhoek.jpg
Antonie van Leeuwenhoek
(Sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Antony_van_Leeuwenhoek)
 
Bagi kalangan akademisi yang bergelut di bidang botani dan genetika tentu mengenal Hugo de Vries. Dia adalah seorang ahli botani dan genetika yang lahir pada tanggal 16 Februari 1848, di Haarlem, Belanda. Haarlem adalah sebuah daerah di Belanda yang kaya dengan tumbuhan hidup. Dari kota tersebut Hugo de Vries mulai mengenal dunia tumbuhan. Hugo de Vries menempuh pendidikan pertama kali di sebuah sekolah Baptis swasta di Haarlem. Saat beranjak dewasa, Hugo de Vries menempuh pendidikan di De Vries gimnasium (atau SMU) Den Haag, kemudian meneruskan ke Universitas Leiden pada tahun 1866. Di sini, ia membaca dua karya yang sangat merangsang minat dalam botani: Darwin Origin of Species (1859) dan Julius Sachs 'Textbook of Botany (1868).
Dari kedua buku tersebut Hugo de Vries menilai bahwa Darwin tidak dapat mengidentifikasi apa yang menyebabkan evolusi, dan perubahan dalam organisme. De Vries kemudian bertekad untuk mengembangkan teori sendiri. Salah satu penemuan fenomenal dari Hugo de Vries membahas teori karakteristik keturunan yang merupakan unit independen. Hugo de Vries beranggapan bahwa mereka tidak bisa "dicampur" seperti dua cairan. Ia menegaskan bahwa setiap karakteristik diekspresikan secara fisik, dan ia disebut bahwa representasi fisik suatu pangene. 

Hugo de Vries (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hugo_de_Vries)

Teori yang dikemukakan oleh Hugo de Vries tersebut sangat mirip dengan teori modern keturunan, yaitu pangenes tumbuh dan membelah menjadi dua pangenes baru; satu set pangenes diteruskan ke keturunan; pangene dapat aktif atau laten; beberapa karakteristik dapat diwakili oleh lebih dari satu pangene. Pada akhirnya penemuan dari Hugo de Vries ini didokumentasikan oleh Gregor Mendel, seorang biarawan Austria. Langkah Gregor Mendel tersebut menciptakan kehebohan di kalangan ilmuwan, dan banyak berbondong-bondong untuk menyelidiki. Namun de Vries merasa ada yang belum lengkap. Terutama mengenai pembahasan hukum segregasi yang dikemukakan Mendel dari teori awalnya.
Dalam hukum tersebut, Mendel menjelaskan bagaimana ciri-ciri yang ada didistribusikan untuk menciptakan variasi, tetapi bukan bagaimana spesies baru berasal. Kemudian De Vries melengkapi dalam teorinya bahwa evolusi terjadi dalam lompatan mendadak karena mutasi, tidak secara bertahap bertahap seperti yang disarankan oleh Darwin. Dia percaya suatu spesies mutan diproduksi pada kurun waktu yang relatif singkat evolusi sepanjang hidup, dan hanya berguna atau "progresif" karakteristik berkontribusi pada evolusi dari spesies. Teori ini dijelaskan oleh Hugo de Vries dalam bukunya Die Mutationstheorie (Teori Mutasi), selesai tahun 1903. Dari penemuan inilah kemudian pembahasan dan pengkajian mengenai botani dan genetika menjadi berkembang pesat. Teori yang ditemukan oleh Hugo de Vries menjadi dasar teori utama bagi peneliti di bidang botani dan genetika di seluruh dunia.
Di era globalisasi saat ini kemajuan ilmu pengetahuan baik ilmu pasti atau ilmu sosial di Belanda sangatlah pesat. Hal ini dilatarbelakangi oleh konsistensi pemerintahan Belanda di dalam dunia pendidikan. Pemerintah Belanda sangat serius mendukung dan mengawasi dunia pendidikannya dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Bentuk konsistensi tersebut berupa tersedianya fasilitas dan dana untuk penelitian terutama di perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi terkemuka di Belanda adalah Universitas Erasmus Rotterdam. Universitas Erasmus Rotterdam adalah salah satu universitas ilmu ekonomi dan management terbaik di Eropa. Bahkan salah seorang professor meraih Hadiah Nobel untuk ilmu Ekonomi yaitu Prof dr. Jan Tinbergen. Penghargaan tersebut diberikan atas hasil kerjanya yang membangun dan menerapkan tentang model dinamik dalam penganalisaan proses-proses (macro)ekonomi. 

 
Murid-murid Ehrenfest; Tinbergen ketiga dari kiri 
(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Jan_Tinbergen)

 Menurut the Times Higher Education Supplement Universitas Erasmus Rotterdam berada pada peringkat 34 universitas terbaik di Eropa dan pada peringkat 92 untuk seluruh dunia (tahun 2005 berada pada peringkat 57). Fakultas Management RSM berada pada peringkat 7 untuk program MBA terbaik di Eropa dan 29 di dunia menurut Financial Times. Sementara Fakultas Ekonomi termasuk dalam 24 sekolah ekonomi terbaik di dunia. Lebih lanjut, Erasmus MC termasuk dalam 5 besar fakultas kedokteran dan farmasi di luar Amerika Serikat menurut The Scientist. Universitas Erasmus juga menerima akreditasi dari tiga badan akreditasi pendidikan management internasional; AMBA, EQUIS, and AACSB. Cuma sedikit sekolah bisnis di Eropa yang memiliki triple akreditasi tersebut.
Universitas Erasmus Rotterdam telah banyak menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berperan penting di Belanda maupun dunia, diantaranya: Ruud Lubbers(mantan Perdana Mentri Belanda dan utusan khusus PBB untuk urusan pengungsi), Jan Pronk (mantan menteri Belanda dan utusan khusus PBB), Supachai Panitchpakdi (mantan Mentri Keuangan Thailand dan Sekjen WTO, 2002-2005), serta Meles Zenawi (Perdana Menteri Republik Demokratis Ethiopia). Dari Indonesia sendiri Mohammad Hatta (Wakil Presiden pertama Indonesia), Kwik Kian Gie (mantan menko ekuin), Soemitro Djojohadikusumo (mantan menteri keuangan), serta Radius Prawiro (mantan gubernur BI).

Patung "Desiderius Erasmus"
(Sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Erasmus_Rotterdam)

Di tahun 2009 Belanda membuat sebuah inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan menciptakan Tom Tom 930 Satellite Navigation System. Inovasi baru ini termasuk kedalam 10 besar daftar gadget terfavorit di dunia. Alat digital yang digunakan di mobil ini bisa menunjukkan peta, denah dan rute yang mesti dilalui ke tempat yang akan dituju melalui sistem satelit. Produk buatan Belanda ini selalu memperbaiki layanannya dengan membuat peta, denah dan informasi yang selalu mutakhir. Tom Tom juga bisa terhubung dengan radio FM yang menyediakan informasi tentang lalu lintas. 

Tom Tom 930 Satellite Navigation System (Sumber:
www.techdigest.tv/cgi-bin/mt/mt-...mit%3D20)

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Belanda merupakan sebuah negara maju dengan memiliki tingkat kemajuan ilmu pengetahuan pasti atau sosial yang tinggi. Belanda juga memiliki penemuan-penemuan penting ilmiah yang berdampak luas bagi dunia sehingga Belanda menjadi salah satu tujuan utama untuk menuntut ilmu dan mencari sumber referensi yang kuat.


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Erasmus_Rotterdam
http://id.wikipedia.org/wiki/Jan_Tinbergen
http://studidibelanda.com/universities/
http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/informasi-dalam-bahasa/sistem-pendidikan-belanda
www.techdigest.tv/cgi-bin/mt/mt-...mit%3D20


4 komentar:

  1. sangat menarik isi nya...

    BalasHapus
  2. sangat bagus dan bermanfaat isinya

    BalasHapus
  3. saya baru tau kalo belanda sebegitu hebat dengan penemuan-penemuannya, semoga Indonesia bisa meniru.

    BalasHapus
  4. belanda...belanda... kapan ya saya bisa ke sana???

    BalasHapus